Kamis, 19 Oktober 2017

Analisis SWOT



Hasil gambar untuk gambar analisis swot

SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threats) merupakan suatu bentuk analisis yang digunakan dalam manajemen perusahaan atau dalam sebuah organisasi yang sistematis dan dapat digunakan dalam membantu usaha menyusun rencana yang matang guna mencapai tujuan, baik tujuan jangka panjang maupun tujuan jangka pendek.
4 komponen dasar Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats)

1. S for Strength (Kekuatan)
Merupakan analisis kekuatan, situasi maupun kondisi yang menjadi kekuatan dari sebuah organisasi atau perusahaan yang ada saat ini. Setiap perusahaan atau organisasi harus mampu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan para pesaingnya.

2. W for Weaknesses (Kelemahan)

Merupakan analisis kelemahan, situasi maupun kondisi yang menjadi kelemahan dari sebuah organisasi atau perusahaan yang dialami saat ini. Kelemahan ini dipilih dari kelemahan kelemahan yang menjadi kendala serius dalam kemajuan sebuah perusahaan maupun suatu organisasi.

3. O for Opportunities (Kesempatan)

Analisis peluang, situasi maupun kondisi yang menjadi peluang di luar suatu organisasi atau sebuah perusahaan dan memberikan peluang bagi organisasi atau perusahaan tersebut untuk berkembang di kemudian hari. Carilah peluang dan terobosan yang memungkinkan bagi sebuah perusahaan maupun organisasi agar tetap mampu bersaing di masa depan dan semakin berkembang ke depannya.

4. T for Threats (Hambatan)

Merupakan analisis ancaman dengan cara menganalisis segala macam tantangan dan ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan maupun organisasi yang terkait dengan beberapa macam faktor, salah satunya adalah lingkungan. Beberapa macam tantangan dan ancaman tersebut tentunya yang dimungkinkan dapat menyebabkan kemunduran bagi sebuah organisasi maupun perusahaan. Jika ancaman tersebut tidak segera diatasi, maka akan menjadi penghalang untuk kemajuan perusahaan atau organisasi yang dianalisis di masa depan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Analisis SWOT

SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threats) merupakan suatu bentuk analisis yang digunakan dalam manajemen perusahaan atau dal...